Listrik (Tugas Media Pembelajaran)


SINOPSIS

LISTRIK
Oleh:
Dita Dzata Mirrota
(0936XXXXX)

Sekitar tahun 650 SM, seorang filsuf Yunani menemukan batu Ampere, apabila digosok-gosok, batu ini dapat menarik benda-benda ringan seperti bulu unggas. Beberapa abad kemudian barulah diketahui bahwa batu tersebut memiliki muatan listrik. Kata “Listrik” dalam bahasa Inggis disebut Electrocity, berasal dari kata “Electron” yang dalam bahasa Yunani berarti Ampere. Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
Pada kasus batu Amper yang digosok, elektron dalam kain berpindah ke batu amper sehingga dalam batu elektronnya bertambah dan mengakibatkan batu menjadi tidak stabil dan karena kelebihan elektron. Atom mempunyai sifat tarik-menarik apabila terdapat muatan yang berbeda, karena batu kelebihan elektron dan bulu ayam bersifat netral, mereka menempel dalam jangka waktu tertentu hingga atom sudah stabil kembali.
Arus listrik yang ada di rumah-rumah juga menggunakan prinsip yang sama, elektron-elektron yang berasal dari generator pembangkit listrik mengalir melalui kawat atau kabel listrik ke rumah-rumah.



1 komentar:

I you edhaa mengatakan...

wah, menarik jg, anda menampilkan hasil tugas d blog.. jd mgkn bs mmbntu org laen yg mmbutuhkan referensi..

bicara mgenai listrik, trnyata listrik dapat dihubungkan dengan sel tubuh qta ya.. apakah kmu bs mmberi sdikit pnjlasan terhadap statement sy??

Posting Komentar